Olimpiade 2024: Prancis 3-5 Spanyol (AET)

Bagikan

Spanyol berhasil meraih medali emas cabang sepak bola Olimpiade 2024. Ini dipastikan setelah mengalahkan Prancis dengan skor 3-5 melalui Babak Perpanjangan pada laga Babak Final di Parc des Princes, Paris.

Olimpiade 2024: Prancis 3-5 Spanyol (AET)
Sergio Camello merayakan gol kelima Spanyol.

 

Jalannya Laga

Prancis yang bermain sebagai tuan rumah bermain menyerang terlebih dahulu. Hasilnya langsung terlihat ketika mereka unggul terlebih dahulu di menit ke-11. Melalui kesalahan umpan Alex Baena, Enzo Millot yang menerima bola melepaskan tembakan yang sebenarnya lemah. Tetapi, kiper Arnau Tenas melakukan blunder, sehingga tepisannya membuat bola tetap masuk ke gawang Spanyol.

Namun, Baena langsung membalaskan kesalahannya tujuh menit kemudian. Dia memberikan asis kepada Fermin Lopez yang menembak bola melewati jangkauan Guillaume Restes. Setelahnya, Spanyol menguasai laga dan mengguncang Prancis dengan dua gol cepat. Pertama melalui Lopez yang mencetak gol keduanya di menit ke-25, sebelum Baena mencetak gol indah dari tendangan bebas di menit ke-28. Spanyol pun unggul 1-3 saat Babak Pertama berakhir.

Prancis menyerang habis-habisan untuk mengejar ketertinggalan di Babak Kedua. Mereka akhirnya mendapat gol kedua di menit ke-79. Melalui tendangan bebas Michael Olise, bola diarahkan ke pertahanan Spanyol. Di sana, Maghnes Akliouche berhasil membelokkan bola melewati jangkauan Tenas.

Drama terjadi pada saat Arnaud Kalimuendo dilanggar di kotak penalti oleh Benat Turrientes di menit 90 + 3. Setelah mengecek lewat VAR, wasit menghadiahkan Prancis penalti. Mateta yang maju sebagai eksekutor mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 3-3. Kedua tim tidak mampu mencetak gol kemenangan di sisa waktu dan laga pun berlanjut ke Babak Perpanjangan.

Di Babak Perpanjangan, Prancis yang menyerang, namun Spanyol yang mendapat gol. Dua kali Sergio Camello berhasil mencetak gol. Pertama di menit ke-100 dengan kaki kanannya di menit ke-100. Yang kedua di menit 120 + 1 dengan kaki kirinya tepat di akhir laga. Skor 3-5 pun memastikan Spanyol kembali mendapat medali emas sepak bola setelah 32 tahun lamanya.

Susunan Pemain Kedua Tim

Olimpiade 2024: Prancis 3-5 Spanyol (AET)

Prancis (4-3-1-2): Restes ; Sildillia, Bade, Lukeba, Truffert ; Millot, Kone, Chotard ; Olise ; Mateta, Lacazette.
Spanyol (4-2-3-1): Tenas ; Pubill, Garcia, Cubarsi, Miranda ; Barrios, Baena ; Oroz, Lopez, Gomez ; Ruiz.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.